img_head
BERITA

Pengawasan dan Pembinaan Oleh Hakim Tinggi Pengawas Pengadilan Tinggi Yogyakarta di Pengadilan Negeri Sleman Kelas 1 A

Jul19

Konten : berita humas
Telah dibaca : 49 Kali


            Pada Hari Selasa tanggal 25 Juni 2019,  Pengadilan Negeri Sleman kedatangan Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Kedatangan Tim Pengawas tersebut dalam rangka melakukan pengawasan rutin di Pengadilan Negeri Sleman yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja Pengadilan Negeri Sleman sebagai satuan kerja yang berada dibawah Wilayah PENGADILAN TINGGI YOGYAKARTA, sehingga tercipta suatu Peradilan yang Agung sebagaimana yang dicita-citakan dan terprogram dalam Blue Print MA-RI 2010 s/d 2035.

            Pengawasan atas dasar Surat Perintah Tugas Ketua PENGADILAN TINGGI YOGYAKARTA, Nomor W13-U/III/ST/KPT/VI/2019 tanggal 20 Juni 2019 yang diketuai oleh Bapak Djumadi, SH, MH  selaku Ketua Tim Pengawas dan selaku Hakim Tinggi Pengawas Daerah  beserta rombongan yaitu Bapak Haryanto, SH, MH (Hakim Tinggi) sebagai Anggota, Ibu Sumartini, SH (Panitera Pengganti) sebagai Sekretaris Tim, Yuyun Fitriyah, SE. Akt. (Kasubbag Keuangan dan Pelaporan) sebagai Anggota, dan Bapak Sunardi (Staf Kepegawaian dan Teknologi Informasi) sebagi Anggota.

           Kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan diawali dengan Opening Meeting di Ruang Sidang dengan susunan acara : Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Doa, Pengucapan Yel-yel Pengadilan Negeri Sleman, Sambutan dari Bapak Ketua Pengadilan Negeri Sleman, Pengantar Pengawasan oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah dan Penutup.

          Selanjutnya,Tim Pengawas kemudian langsung melakukan pemeriksaan mengenai Management Peradilan, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan, Administrasi Umum, Pelayanan Publik dan Penerapan SIPP/CTS (IT). Ketua Pengadilan Negeri Sleman, Bapak Annas Mustaqim, SH, M.Hum melaporkan bahwa dalam pelaksanaan tugas di Pengadilan Negeri Sleman telah dilaksanakan dengan baik dimana seluruh pejabat baik fungsional dan struktural telah melakukan pengawasan secara intern baik pengawasan secara melekat maupun pengawasan fungsional sesuai dengan bidang tugas yang telah diberikan masing-masing dan juga pengawasan yang telah dilakukan oleh Hakim pengawas bidang.

          Pengawasan dan Pemeriksaan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 25 dan 26 Juli 2019. Setelah menyelesaikan seluruh kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan, diadakan Closing Meeting di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Sleman, pada hari Rabu, tanggal 26 juni 2019, Ketua Tim Pengawas, Bapak Djumadi, SH, MH menyampaikan hasil pengawasannya bahwa pada umumnya semua tugas telah dilaksanakan dengan baik, terutama kebersihan kantor , 5R dan 3S, serta pelaksanaan administrasi di Pengadilan Negeri Sleman yang sudah bagus dan mengapresiasi kinerja aparat Pengadilan Negeri Sleman walaupun ada temuan-temuan namun tidak prinsipil diantaranya mengenai Registrasi Perkara yang belum terisi secara tertib. Tim Pengawas berharap agar temuan temuan tersebut untuk dibenahi dan berpesan agar kinerja yang telah berjalan selama ini dipertahankan dan ditingkatkan untuk kedepannya sehingga apa yang menjadi Visi dan Misi Mahkamah Agung dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan dapat tercapai.

          Selanjutnya Ketua Pengadilan Negeri Sleman menyampaikan bahwa Pengadilan Negeri Sleman berkomitmen memperbaiki/menindaklanjuti materi maupun kondisi yang menjadin temuan dan bertekat mewujudkan/melaksanakan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang saat ini sedang berproses serta mengucapkan terima kasih atas kunjungan Hakim Tinggi Pengawas beserta Tim.

  • Galeri