Penilaian |
Nilai |
Data Dukung |
|
|
|
|
|
|
|
|
A. |
PENGUNGKIT |
60,00 |
|
|
I. |
PEMENUHAN |
30,00 |
|
|
|
1. |
MANAJEMEN PERUBAHAN |
4,00 |
|
|
|
|
i. |
Penyusunan Tim Kerja |
0,50 |
|
|
|
|
|
a. |
Unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Penentuan anggota Tim dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
ii. |
Rencana Pembangunan Zona Integritas |
1,00 |
|
|
|
|
|
a. |
Terdapat dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
c. |
Terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
iii. |
Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM |
1,00 |
|
|
|
|
|
a. |
Seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
c. |
Hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
iv. |
Perubahan pola pikir dan budaya kerja |
1,50 |
|
|
|
|
|
a. |
Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Sudah ditetapkan agen perubahan |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
c. |
Telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
d. |
Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
2. |
PENATAAN TATALAKSANA |
3,50 |
|
|
|
|
i. |
Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama |
1,00 |
|
|
|
|
|
a. |
SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
c. |
Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
ii. |
Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) |
2,00 |
|
|
|
|
|
a. |
Sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
c. |
Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
d |
Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
iii. |
Keterbukaan Informasi Publik |
0,50 |
|
|
|
|
|
a. |
Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
3. |
PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM APARATUR |
5,00 |
|
|
|
|
i. |
Perencanaan Kebutuhan Pegawai sesuai dengan Kebutuhan Organisasi |
0,25 |
|
|
|
|
|
a. |
Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
c. |
Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
ii. |
Pola Mutasi Internal |
0,50 |
|
|
|
|
|
a. |
Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
c. |
Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
iii. |
Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi |
1,25 |
|
|
|
|
|
a. |
Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, telah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
c. |
Tingkat kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
d. |
Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
e. |
Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (seperti pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, coaching, atau mentoring) |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
f. |
Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
iv. |
Penetapan Kinerja Individu |
2,00 |
|
|
|
|
|
a. |
Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan perjanjian kinerja organisasi |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
c. |
Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
d. |
Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
v. |
Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai |
0,75 |
|
|
|
|
|
a. |
Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
vi. |
Sistem Informasi Kepegawaian |
0,25 |
|
|
|
|
|
a. |
Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
4. |
PENGUATAN AKUNTABILITAS |
5,00 |
|
|
|
|
i. |
Keterlibatan Pimpinan |
2,50 |
|
|
|
|
|
a. |
Unit kerja telah melibatkan pimpinan secara langsung pada saat penyusunan perencanaan |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Unit kerja telah melibatkan secara langsung pimpinan saat penyusunan penetapan kinerja |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
c. |
Pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
ii. |
Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja |
2,50 |
|
|
|
|
|
a. |
Dokumen perencanaan kinerja sudah ada |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
b. |
Perencanaan kinerja telah berorientasi hasil |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
c. |
Terdapat penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU) |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
d. |
Indikator kinerja telah telah memenuhi kriteria SMART |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
e. |
Laporan kinerja telah disusun tepat waktu |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
f. |
Laporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
g. |
Terdapat sistem informasi/mekanisme informasi kinerja |
1,00 |
Data Dukung |
|
|
|
|
h |
Unit kerja telah berupaya meningkatkan kapasitas SDM yang menangangi akuntabilitas kinerja |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/13iv4SJyuc-4r5VkaYNJE7Bv-em3Mgnge?usp=sharing |
|
|
5. |
PENGUATAN PENGAWASAN |
7,50 |
|
|
|
|
i. |
Pengendalian Gratifikasi |
1,50 |
|
|
|
|
|
a. |
Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1-eCLyZkihlvKys6pea9BFYem2GlE5sHi/view?usp=sharing |
|
|
|
|
b. |
Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1YuRX0GOPKVuMHPb3Hq1Zj3Cxl-pdonxT/view?usp=sharing |
|
|
|
ii. |
Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) |
1,50 |
|
|
|
|
|
a. |
Telah dibangun lingkungan pengendalian |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/13pAzE2LadJ6R_xWClCM-Y2g4bDbJMJSJ/view?usp=sharing |
|
|
|
|
b. |
Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1qss7Ccj6U5WjsImEFD6Dl5cKCMqSp0_b/view?usp=sharing |
|
|
|
|
c. |
Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1y-kDVF5epQOKQnlxm9_UcV7xX788UeJm/view?usp=sharing |
|
|
|
|
d. |
SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1ZARUaj0gKaYeFQVgvPz95XHOu4Be43N7/view?usp=sharing |
|
|
|
iii. |
Pengaduan Masyarakat |
1,50 |
|
|
|
|
|
a. |
Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1t9O2x-YOcmOCzOppKAdWIdLiAfu5Etob/view?usp=sharing |
|
|
|
|
b. |
pengaduan masyarakat dtindaklanjuti |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1sXlmvF0Skb8ITLPedzft7OzMJdyS5T57/view?usp=sharing |
|
|
|
|
c. |
Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1U-7aDEg3v_7OJAZhwkm5bHZrKcb_Pdzm/view?usp=sharing |
|
|
|
|
d. |
Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1IfLq41KpcKjd5o1diJWcl6dlFS416m4I/view?usp=sharing |
|
|
|
iv. |
Whistle-Blowing System |
1,50 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. |
Whistle Blowing System telah diterapkan |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/16_JAYhlyZ9DweAfPgIpbV0fzdoxFtCBg/view?usp=sharing |
|
|
|
|
b. |
Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1-BSxtlQtcMkIF1hZ2WKgwZKsdg583Vg3/view?usp=sharing |
|
|
|
|
c. |
Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/19Bh-KrcUnrOU46wYmpxwp3Pjoxpu1piY/view?usp=sharing |
|
|
|
v. |
Penanganan Benturan Kepentingan |
1,50 |
|
|
|
|
|
a. |
Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1YiHRZ8zJtmwq9NCSsdnDsLLKHU9-L58q/view?usp=sharing |
|
|
|
|
b. |
Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1TbqO9yjFqF0DdciS567dzA5OrhHLFV_X/view?usp=sharing |
|
|
|
|
c. |
Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1y7Sc_Qd8QzOG8UuR5nCqyZ4VchQNcsim/view?usp=sharing |
|
|
|
|
d. |
Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1bheQFEO17heDojQ-2Foe2YD3fZs71TEp/view?usp=sharing |
|
|
|
|
e. |
Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti |
1,00 |
https://drive.google.com/file/d/1AkrZN6oQPLCR0Jl7Cvxm0XmPQyi6O2bq/view?usp=sharing |
|
|
6. |
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK |
5,00 |
|
|
|
|
i. |
Standar Pelayanan |
1,00 |
|
|
|
|
|
a. |
Terdapat kebijakan standar pelayanan |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/12OsgAZrCSnoe_CiNHsuNewqNv96A3m4c?usp=sharing |
|
|
|
|
b. |
Standar pelayanan telah dimaklumatkan |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/12OsgAZrCSnoe_CiNHsuNewqNv96A3m4c?usp=sharing |
|
|
|
|
c. |
Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1xUJh2R8L09–2wIIUdqiSfKPSz5HGKxy?usp=sharing |
|
|
|
|
d. |
telah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/12OsgAZrCSnoe_CiNHsuNewqNv96A3m4c?usp=sharing |
|
|
|
ii. |
Budaya Pelayanan Prima |
1,00 |
|
|
|
|
|
a. |
Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan prima |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1hdRlgR6eIInSss0bu95PZwW3–jk693R?usp=sharing |
|
|
|
|
b. |
Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1hdRlgR6eIInSss0bu95PZwW3–jk693R?usp=sharing |
|
|
|
|
c. |
Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayanan |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1gej9JTDCMJNTJlbjL5RJamgN5-UHQvx4?usp=sharing |
|
|
|
|
d. |
Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1gej9JTDCMJNTJlbjL5RJamgN5-UHQvx4?usp=sharing |
|
|
|
|
e. |
Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1F0YGa6dq6CP3s6Hhb5w0-mMzbTzK5I3w?usp=sharing |
|
|
|
|
f. |
Terdapat inovasi pelayanan |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1vKPu5DB55gg1FzjyQfobtuGs1sawHcUl?usp=sharing |
|
|
|
iii. |
Pengelolaan Pengaduan |
1,00 |
|
|
|
|
|
a. |
Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor! |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1ue-oDn8uVQKQqySOOPHXMNQxCyMMnUaI?usp=sharing |
|
|
|
|
b. |
Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1bhIfKcXmNO9Q2nyUWUgrFvMZQ2q-IURZ?usp=sharing |
|
|
|
|
c. |
Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/10_I08mGCJblmNPKIw7z8ZxmuePxsfjuz?usp=sharing |
|
|
|
iv. |
Penilaian Kepuasan terhadap Pelayanan |
1,00 |
|
|
|
|
|
a. |
Telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1ApuNcs3sbDMuE7B3Rebum4KNKVogq6co?usp=sharing |
|
|
|
|
b. |
Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1eB6jKfRnG9cdQLSa76bHhcemQHip5vZU?usp=sharing |
|
|
|
|
c. |
Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1qrA8-STCWt3gZKaxRRiwleOjkbcF05Rs?usp=sharing |
|
|
|
v. |
Pemanfaatan Teknologi Informasi |
1,00 |
|
|
|
|
|
a. |
Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1h2CqPd-ZSLJvNzTIH5R9LCbeTriaqZr-?usp=sharing |
|
|
|
|
c. |
Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1sv75Od9EbVDiiwFiXSkQk4qdiLvhjI9E?usp=sharing |
|
|
|
|
b. |
Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus |
1,00 |
https://drive.google.com/drive/folders/1tdP8BAkL6UqmoM8OLc9JKlw0QSprq_1m?usp=sharing |